CONTOH PROPOSAL (TUGAS SOFTSKILL)



PROPOSAL USAHA
PT.“  PLN (Pisang Lumpur Nakal)  ”



Disusun Oleh : Kelompok 4
Andri Wawan                                    (31214155)

JURUSAN MANAJEMEN PEMASARAN
FAKULTAS DIPLOMA BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015/2016









KATA PENGANTAR
Puji syukur marilah kita panjatkan atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia proposal kegiatan dana bergulir ini dapat diselesaikan dengan baik dan jenis usaha yang kami jalankan adalah “Pisang Lumpur Nakal”
            Tugas ini kami buat dengan tujuan untuk memenuhi tugas Kuliah maka dengan adanya tugas ini kami berharap semoga tugas ini dapat memberikan informasi kepada kita semua khususnya Mahasiswa/i di sekitar kampus Universitas Gunadarma terutama mengenai penulisan Proposal Kegiatan Dana Bergulir
            Mohon maaf bila tugas proposal kami ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun kami untuk memperbaikinya lagi,  agar lebih baik dalam mengerjakan tugas berikutnya, Terimakasih.




Depok, 25 September 2015


Penulis



KATA PENGANTAR …………..……………………………………………....i
DAFTAR ISI……………………………………………………………………..ii
BAB I PENDAHULUAN …..…………………………………………….....…1 
            1.1 Latar Belakang………………………………………………………1
            1.2 Visi & Misi .………………………………………………………...2
            1.3 Motto .…………………………………………………………….....2
            1.4 Profil Perusahaan & Data Pemilik...…………………………….....3
BAB II ANALISIS PASAR & PEMASARAN………………………….........5
            2.1 Produk Pasar & Pemasaran……………..……………………...….5
            2.2 Bauran Pemasaran (4P)..………………..………………………....6
            2.3 Analisis SWOT & TOWS ………………..……………..…….......7
            2.4 Segmentasi Pasar..…………………………..………..…………....8
BAB    III STRUKTUR ORGANISASI ………………….……………….....9
            3.1 Struktur Organisasi ……………………………………………...…9
            3.2 Analisis Kompetensi SDM ……………………….…………….....10


BAB IV ANALISIS PRODUKSI …………...…………………………..……..11
4.1 Bahan Baku..…………………………………………………………11
4.2 Proses Pembuatan…………………………………………….……..11
BAB V ANALISIS KEUANGAN  …...……………………………………....13
5.1 Modal Usaha………………………………………………………...13
5.2 Penentuan Biaya Produksi & Biaya Oprasional……………...….…13
5.3 Penentuan Harga Pokok Produksi…………………………...…......20
            5.4 Laporan Laba Rugi………………………...………………….........23
            5.5 Laporan Perubahan Modal………………………………..…..…....27
            5.6 Laporan Arus Kas…………………………………………………..28
            5.7 Laporan Neraca……………………………………………………..35




BAB I
PENDAHULUAN
1.1                            LATAR BELAKANG 
Zaman semakin berkembang begitu pula kuliner di Indonesia semakin banyak makanan-makanan yang siap saji maupun belum saji yang memiliki banyak rasa dan kualitasnya, tapi jangan salah jika memilih makanan banyak juga orang-orang yang curang di luaran sana yang memilih jalan pintas untuk dagangan mereka supaya laku pesat mereka memilih mencurangi pelanggannya seperti mencampuri bahan-bahan kimia didalam makanan yang mereka buat.
Gaya hidup sehat di Indonesia harus di pertahankan dan jangan tertipu dengan makanan yang kelihatannya menarik atau rasanya enak tapi mengandung banyak bahan kimia di dalamnya itu bisa membuat penyakit dalam tubuh kita, ini sama saja kita menanam penyakit dalam tubuh.
Di perusahaan kami ini menciptakan makanan siap saji yang bahan utamanya adalah pisang dan pisang ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yaitu:  Meningkatkan kekebalan tubuh, obat hipertensi (tekanan darah tinggi), mencegah penyakit jantung, kesehatan janin, mengatasi anemia (kurang darah), mengatasi gangguan pencernaan, mengurangi berat badan.
Makanan ringan ini tidak menggunakan bahan-bahan kimia 100% halal dan harganya sangat terjangkau di semua kalangan, makanan ini adalah Pisang Lumpur Nakal.
Pisang Lumpur Nakal ini makanan yang bisa dimakan kapan saja bisa untuk mengganjal perut dan menunda lapar makanan ini bisa di konsumsi olah semua kalangan.


1.2 VISI DAN MISI
·        VISI
Menjadikan Perusahaan No 1 penghasil makanan yang bersih, higenis dan berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau di semua kalangan dan dapat membuka cabang di berbagai daerah

·        MISI
-          Memilih bahan baku yang berkualitas dan berstandar BPOM ( Badan Penyelidik Obat dan  Makanan )
-          Dapat Memuaskan pelanggan dengan pelayanan yang cukup baik
-          Mensejahterahkan kariawan
-          Membuka  Lapangan kerja baru


1.3 MOTO “Enak nya sampe kelelep “

1.5 DATA PEMILIK PERUSAHAAN


BAB II
ANALISI PASAR & PEMASARAN
2.1 Produk Pasar & Pemasaran
1.      Alasan kami memilih produk ini karena produk ini unik dan bahan bakunya mudah di dapatkan di pasaran
2.      karna pasarnya masih didaerah kampus yang notabenenya mahasiswa, maka kami ingin membuat makanan yang dapat mengembalikan energy para mahasiswa yang sedang lelah setelah perkuliahan serta dapat mengenyangkan perut.
Cara memasarkanya:
-          Menggunakan pendekatan face to face dengan mendatangi calon konsumen secara langsung.
-          Menggunakan kecanggihan teknologi dan memanfaatkan akun akun official gunadarma untuk memperkenalkan produk kami
-           mengutamakan pelayanan yang baik dan kemasan semenarik mungkin agar membuat calon konsumen tertarik
2.2 Bauran Pemasaran
1. produk
> Nama Produk : Pisang Lumpur
> Varian : keju, coklat
> Merk : PLN ( pisang lumpur nakal)
> Kwalitas : halal dan kualitas tinggi
> Kemasan : 1 box untuk 2 pcs
> Bentuk dan ukuran :
2. Price       : Rp.5000,00
3. Promotion: Melalui Broadcast dan mempromosikan secara langsung atau Face to Face
Cara memasarkanya:
-          Menggunakan pendekatan face to face dengan mendatangi calon konsumen secara langsung.
-          Menggunakan kecanggihan teknologi dan memanfaatkan akun akun official gunadarma untuk memperkenalkan produk kami
-           mengutamakan pelayanan yang baik dan kemasan semenarik mungkin agar membuat calon konsumen tertarik
4. Place : awalnya di sekitar kampus Universitas Gunadarma Depok
2.3 Analisis SWOT & TWOS

2.4  Segmentasi pasar
            Produk yang kami ciptakan sangat cocok untuk semua kalangan khususnya bagi para mahasiswa dan dilihat dari sudut gaya hidup produk kami tergolong cukup mewah namun  dengan harga yang terjangkau sehingga membuat semua kalangan dapat menikmatinya.


BAB III
STRUKTUR ORGANISASI DAN ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA
3.1 STRUKTUR ORGANISASI

3.2 Analisi Kompotensi SDM

BAB IV

ANALISIS PRODUKSI
4.1 Bahan Baku
 Pisang Lumpur Nakal
-          Pisang
-          Coklat
-          Keju
-          Gula pasir
-          Minyak Goreng

4.2 Bahan Penolong
- Kantong Plastik
- Sendok Plastik
- Tisu
- Gas 3kg









4.3 Cara produksi
1 . Pertama ambil bahan-bahannya seperti pisang ,coklat batang , keju.
2. Ambil pisang dan kupas kulitnya ,setelah dikupas kemudian dipotong menjadi beberapa bagian
3. Setelah pisang selesai dipotong siapkan minyak sayur secukupnya diatas kompor dengan menggunakan
4. Setelah minyak sdah panas , kemudian gorenglah pisang sampai berwarna sedikit kecoklatan , Setelah digoreng tiriskan pisang terlebih dahulu.
5 Sambil menunggu pisang tiris , ambil coklat batang untuk dilelehkan menggunakan wajan dengan cara dikukus. Setelah coklat mencair kemudian angkat dan masukan ke wadah yang telah disediakan.
6. Kemudian siapkan pisang yang sudah matang dan sudah ditiriskan , masukan kedalam wadah atau mika setelah siramkan coklat yg sudah mencair diatas pisang dan kemudian taburkan keju yg sudah di parut diatas coklat

4.4 Jumlah Produksi Tiap Periode


BAB V
ANALISA KEUANGAN
5.1 MODAL USAHA

5.2 Penetuan biaya produksi dan biaya operasional
·        Periode Pertama
Jumlah Produksi 120
Operasioanal
·        Periode Kedua
Jumlah Produksi 130
Operasioanal
·        Periode Ketiga
Jumlah Produksi 150
Operasioanal

·        Periode Keempat
Jumlah Produksi 170
Operasioanal
·        Periode Kelima

Jumlah Produksi 200
Operasioanal
·        Periode Keenam
Jumlah Produksi 250
Operasioanal


5.3 HARGA POKOK PENJUALAN

·         PERIODE PERTAMA
·         PERIODE KEDUA
·         PERIODE KETIGA



                    

·         PERIODE KEEMPAT
     
     
·         PERIODE KELIMA
·         PERIODE KEENAM
      
5.4 LAPORAN LABA RUGI
·        Periode Pertama
·        Periode Kedua
·        Periode Ketiga

·        Periode Keempat
·        Periode Kelima

·        Periode Keenam


5.5 LAPORAN PERUBAHAN MODAL
·        Periode Pertama

·        Periode Kedua

·        Periode Ketiga
·        Periode Keempat
·        Periode kelima

·        Periode keenam


5.6 Laporan Arus Kas
·        Periode Ke-Satu
·        Periode Ke-Dua
·        Periode Ke-Tiga
·        Periode Ke-Empat
·        Periode Ke-Lima
·        Periode Ke-Enam


5.7 Neraca
·        Bulan Pertama
Awal Peroide Akhir
·        Periode Ke-2




·        Periode Ke-3
·        Periode Ke-4
·        Periode Ke-5
·        Periode Ke-6
























EmoticonEmoticon